Osha,Reii desu.Seperti yg udah dijanji'in kalo kali ini bakal ngereview salah satu anime RomCom terbaik musim Summer 2017 kemaren,yaitu GAMERS! Ini anime ada plot twist nya,soalnya ednya ga ketebak beud.Ceritanya mantep kaleh,buat kalian yg belum nonton ini romcom wajib nonton,recomended banget deh.Setiap episodenya ga bikin bosen soalnya ada aja masalah yg dateng.Dari segi cerita sih ga ada masalah but dalam segi visual ada sedikit yg mengganggu,yaitu pada design characternya terutama pada salah satu Heroine,Tendou Karen.Kenapa Reii bilang mengganggu? menurut Reii si Tendou Karen itu kurang kawaii dibandingin sama Aguri ato Chiaki,Tendou ini cma menang dibagian Blonde Hairnya doang menurut Reii,menurut Reii lho ya.Tapi kalo menurut kalian Tendou itu kawaii ya itu terserah kalian,itu kan opini kalian sendiri jadi kita ga berhak ikut campur.Dan visual itu ga perlu diperhatikan sebenernya,soalnya yg harus dinomer satukan itu Ceritanya.Misal kali kita mau beli sesuatu itu kita harus liat dlu kontennya jangan liat sampul dulu,kalo kalian beli sesuatu cma liat sampul doang trus pas dibuka kalian merasa ketipu ama isinya berarti kalian yg bego.And di anime itu ada yg namanya episode penentu,biasanya ada di episode ke tiga.But itu jga kalo kalian teliti,kalo nggak kalian ga bakal nemu titik balik cerita dari anime yg kalian tonton dan kalian ga bakal tahu itu anime bagus ato jelek.Aah ternyata udah banyak basa basi disini agan-agan sekalian,so kita langsung ke review aja.
Di episode pertama kita bakal liat sebuah keadaan dimana ada ketegangan diantara kelima Main char kita selama beberapa detik.Setelah itu dilanjutkan dg intro + spoiler dari Amano Keita yg tiba tiba ketemu sama Tendou Karen di Game Store.Keita berusaha keras biar kga salting di depan cewe paling populer di sekolahnya but Keita ttp aja salting.Dilanjut sama intro dari Tasuku yg lagi maen di Game Center sma pacarnya Aguri yg minta di ambilin boneka dari Crane Game.Setelah dapet si Tasuku nge batin,Reii paling suka Ekspresinya,kocak anjir.
Malam pun tiba dan sepasang kekasing berjalan melewati sebuah taman yg kebetulan ada Amano dsitu dan si Tasuku ngebatin lagi.Dan disitu tentunya Amano ga sendiri,ada Tendou Karen yg nemenin.Mereka bicara soal Klub Game yg didirikan oleh Tendou Karen,si Keita pun ditawari masuk ke klub tsb tapi karena si Tendou ada jam malem jadi dia pulang duluan.Saat di kamar,Keita lagi maen game di konsol portable,trus ada notifikasi dari smartphone nya yg dia kira dari Tendou but ternyata dari Mono-san.Si Mono-san ini adl teman Onlinenya si Keita,dan dia muncul di eps pertama dan seterusnya.Esok harinya Keita dijemput sma Tendou yg membuat isi kelas F pada heran.Pas sampe tangga,Tendou ngenalin anggota lain yg nggak lain adl Misumi.Keita kecewa karena ngira bakal berduaan aja sma Tendou,lalu dia pergi ke ruang Klun Game dan main disana,tapi pada akhrinya Keita nolak ajakan Klub Game.Itu ga ketebak pas pertama kali Reii nonton,soalnya udah berbunga bunga gtu,Reii kira bakalan masuk Klub Game.Esok harinya lagi Keita disamperin Tendou yg mau ngeyakinin Keita buat masuk Klub Game,disaat sebelum itu Keita dapet invitan party dari Mono-san.Jadi manakah yg Keita pilih? Ajakan Klub Game ato Party Mono-san? Dan setelah Tendou kege'eran karena Keita milih accept party request,Tendou mulai nangis kaya org diputusin gtu dan lagi lagi itu membuat isi kelas F terheran heran.Sesaat setelah meninggalkan Keita,tiba tiba Tendou jatoh karena nginjek kulis pisang and run again.Di episode ke dua kita bisa tahu ceritanya lain dari tragedi Penolakan Tendou dari perspektif Uehara Tasuku karena di eps ke dua ini nyeritain tentang Uehara Tasuku yg bakalan jadi temennya Amano.Di jam makan siang,Tasuku dkk pada kumpul dan datanglah Aguri yg bawa bekal buat Tasuku tapi ancur.Disaat itu lah si Tasuku flashback ke saat dimana dia ditembak Aguri yg ketimpa salju.Pindah ke Game Center,di Gesen (sebutan untuk Game Center dalam bahasa Jepang) Tasuku bilang mau ke toilet,tapi dia malah maen Crane Game,si Tasuku pun keinget pas masa kelamnya dlu pas masih SMP dan tiba tiba disampingnya ada Amano.Dan si Tasuku itu kaya ngeliat dirinya saat masa kelam dlu di dirinya Amano.Saat Tasuku liat game yg dia dapetin si Amano langsung reflek ngejelasin soal game itu.Karena Amano gugup dia jadi pergi ke Arcade Area tapi dia cma liat liat doang,makannya Tasuku ngajak dia maen game P4 dan game game lain.Disisi laen ada Aguri yg ngeliat Tendou mengendap endap.Pas Tasuku dan Amano udah selese maen,Amano liat rombongannya Tasuku dan langsung kabur dah.Tasuku pun mengejar si Amano dan mereka berdebat di JPO.Tapi Amano berhasil membalikan keadaan dg cara mendorong Tasuku ke pembatas JPO.
Amano berhasil membalikan keadaan karena Amano pengen Tasuku narik Omongannya tentang Klub Gamenya Tendou.Dan dibawah JPO ada Tendou yg kesengsem sama Amano.Esok harinya Tasuku bicara ke Amano,dia bilang "gamenya bagus,ntar kalo ada game rekomen kasih tahu gw yak",dan Amano dapat satu teman lagi dan seorang yg kesengsem ama dia. Episode ke tiga,Tasuku komplen atas rekomendasi game buatan Nobe-san dari Amano.Ya kali awal gamenya itu horor trus kesini sini nya ada sihir trus ednya ada om-om mancing Black Bass,tapi kalo dipikir pikir lagi itu game keknya lumayan jga soalnya plot twistnya ngena banget.Next,di siang harinya Amano disuruh ketemuan sama Hoshinomori Chiaki dari kelas C atas rekomendasi Tasuku.Tapi Amano ditinggal pergi ama Tasuku karena udah dijemput Aguri,dan tak lama kemudia Amano dipergoki oleh Misumi yg membuat Tendou kege'eran.Shikashi karena Amano ke kelas C buat ngobrol sma Chiaki,Tendou pun berubah jadi Abu.Akhirnya Amano pun bisa bicara dg Chiaki berkat game.But ga beberapa lama mereka jadi musuhan karena perbedaan pendapat.So Tasuku jadi penengah mereka tapi Aguri jadi salah paham and dia Galau.Keesokan harinya Chiaki berubah bentuk jadi lebih Moe karena Chiaku suka sama Tasuku,dan Tasuku pun memuji si Chiaki yg membuat Aguri salah paham lagi.Aguri pun lari trus diikuti sama Amano,secara ga sengaja Tendou ketemu Amano yg lagi lari ngejar Aguri.Amano nanya ke Tendou dan katanya Aguri lari ke gerbang depan,Tendou pun balik nanya sebenernya kenapa Amano ngejar Aguri dan dijawablah sama Amano "Anggap saja hububgan penuh drama",lagi lagi Tendou salah paham.Amano dan Aguri pun pergi ke kafe buat bicara.Setelah Amano bicara pelan pelan ke Aguri,Aguri pun bsa tenang.Shikashi Aguri kembali shock setelah ngeliat Tasuku jalan ama Chiaki.Lanjutan dari cerita Aguri×Amano×Chiaki×Tasuku ada di epsode ke lima,jadi di eps ke empat ceritanya apaan? Episode empat nyeritain kehidupan Tendou Karen sebelum dan setelah kenal Amano,dilanjutkan dengan cerita dimana Tendou yg sedang jalan-jalan secara tidak sengaja ketemu sama Amano yg juga lagi jalan-jalan.Tentu aja Tendou jadi salting,si Tendou juga ngajak Amano buat jalan-jalan bareng dan dia kaya nolak ajakan si Tendou.Tapi Tendou tidak menyerah,dia ttp ngajak Amano jalan-jalan.Mereka pergi ke Game Store lalu ke Game Center,di Gesen mereka bukan ber-tanoshi ria tapi malah lomba banyak bayakan dapet koin,dan yg jelas Amano kalah.Tapi walopun kalah si Amano ini ga keliatan sedih dan itu membuat Tendou heran.Setelah dari Gesen mereka istirahat ditaman dan ngobrol-ngobrol tentang keanehan si Amano ini.Dikira si Amano ini bukan tipe yg pengen Menang,tapi Amano ngejelasin apa yg membuat game itu menyenangkan dari perspektifnya sendiri,Tendou pun pulang dan berakhirlah episode ke empat ini.
Selanjutnya balik lagi ke masalah Aguri—Amano—Chiaki—Tasuku,sebelum tragedi di kafe terjadi sebenernya Chiaki sma Tasuku itu nyari'n Aguri sma Amano,dan secara kebetulan Tasuku tahu kalo Mono-san dan Nobe-san itu adl Chiaki,disaat itu jga Aguri shock berat.Tapi Chiaki ttp ga suka sama Amano gegara tragedi Aegis tadi.Akhirnya Tasuku bikin 'Perkumpulan Khusus Gamer' biar Tendou×Amano×Chiaki bsa deket sambil Tasuku ngawasin mereka dan Aguri.Disitu mereka ngebahas tentang game buatan Chiaki,dan Amano pun ngasih masukan yg nais.Shikashi kejadian tak terduga terjadi lagi,Aguri dan Amano mengira bahwa Tasuku selingkuh dengan Tendou,lalu karena Amano dipanggil Aguri si Chiaki ngira kalo Aguri itu pacarnya Amano,dan itu jadi masalah yg lebih besar lagi.Amano sama Aguri ngobrol-ngobrol di kafe,Chiaki pun lewat trus Amanno ngejelasin ke Chiaki kalo Aguri itu pacar paling cantik bla bla bla bla,tapi Chiaki gagal paham.Ya jelas sih,org Amano ngejelasinnya cma begitu.Disisi lain,Tasuku yg galau ada di Gesen area Arcade Game lagi maen game 'Please Insert Coind' pffft.Lanjut ke adegan dimana Amano lagi mimpi ditolak sma Tendou,penyebabnya cma gegara BADEND,dia pun konsultasi ke Tasuku.Adegan yg bikin salah paham pun terjadi,dan yg salah paham kali ini adl Chiaki.Tasuku yg sadar akan hal tsb langsing ngejar Chiaki,tapi Amano jga ikutan gagal paham and nelpon si Aguri,sedangkan Tendou lagi ngelamun sambil maen game di ruang klub.
Dan disini akan ada event kesalah pahaman terbesar yg pernah Reii liat seumur idup,tapi sebelum event itu terjadi ada Chiaki yg minta maaf atas kesalah pahaman tadi.Secara sengaja Amano dan Aguri nguping pembicaraan mereka.Salah paham pun terjadi lagi,jadi Amano minta saran ke Aguri tentang gimana ntar ngomong ke Tendou,ga lupa Tendou pun minta saran ke Misumi tentang hal yg sama kek Amano.Di malam harinya Amano nyoba namatin game Golden Memories,dia BADEND mulu pas mau naklukin Flora si chara yg mirip Tendou.Dan akhirnya ada pesan penyemangat dari Aguri dan Tasuku,Amano pun akhirnya termotivasi buat namatin Golden Memories sampe akhirnya HAPPYEND.Keesokan harinya berita tentang Amano mau bicara ke Tendou pun udah tersebar berkat Tasuku.Tapi sebelum event kesalah pahaman terbesar terjadi sebentar lagi,Tasuku,Aguri,ama Chiaki malah mikir hal yg enggak-enggak sampe event ya terjadi.Dan disaat Amano mau mau bilang berteman,tapi malah jadi "Sukiate kudasai" yg artinya jadilah pacarku,trus hal yg lebih ga terduga lagi adl si Tendou yg bilang "Dengan senang hati".Disaat yg bersamaan,seluruh saksi yg ada di TKP kaget,ya tadinya kan Amano cma mau temenan doang tapi malah jadi nembak,mana di Tendou jga nerima lagi.Keesokan harinya pas Amano di dalem bis,ada beberapa siswa yg ngomongin dia dibelakang soal kejadian tadi.Amano pun curhat ke Tasuku,dan saat sampe ke bahasan tentang Aguri,kesalah pahaman mereka berdua itu muncul.Next scene,Amano ada di toilet,abis itu dia ketemu Tendou.Tapi karena saat itu adl bukan waktu yg tepat,jadi Amano memutuskan untuk mundur ketimbang mati di medan perang.Setelah itu si Chiaki manggil dia buat ngomong empat mata,dan bahasannya adl tentang hubungan Amano dan Tendou tapi masih dg kesalah pahaman Chiaki.Pindah ke Cafe,seperti biasa Amano ngobrol sama Aguri disana,mereka masih ngebahas hubungan Amano×Tendou dan gimana Amano harus menghadapinya.Jadi si Aguri ngasih saran ke Amano,dan akhirnya Amano ngundang Tendou ke atap sekolaj buat ngobrol.Si Tendou ngira Amano bakal mutusin dia tapi malah sebaliknya,Amano ngajak dia Dating alias kencan.Hari H pun tiba,Amano dan Tendou kencan di Round1,mereka main-main disono sampe pada akhirnya mereka ke Kolam Renang.Di kolam renang Tendou and Amano maen ciprat-cipratan,tapi karena beda banget sana kopel (couple) pada umumnya,mereka memutuskan untuk langsung maen Arcade Game.Tidak disangka-sangka ada Chiaki disono lagi digodain cowo pake sempak ijo ama temennya,tapi karena Chiaki liat Amano,dia langsung lari trus ngegandeng tangan Amano yg otomatis membuat Tendou cemburu.Chiaki ada di sono karena lagi nyariin adeknya yg ilang trus karena ketemu Amano×Tendou jadi dibantuin deh.Setelah dicari ga ketemu,mereka bertiga maen Arcade Game.Mereka maen game balapan,but Amano kalah dg tragis dan yg laennya ketawain si Amano.Kencan pun berakhir dengan adegan Amano dan Tendou yg ngobrol-ngobrol di dalem bis. Selanjutnya ada dua cerita berbeda,yg pertama nyeritain tentang adiknya Chiaki si maniak Eroge dan yg kedua nyeritain saat Amano,Aguri,Tasuku,Tendou,dan Chiaki main Boardgame.Di cerita yg pertama ada intro dari Konoha,dia ini adiknya Chiaki.Dia merasa iri sama Tendou yg suka dibilang sempurna,Konoha ini jga salah satu anggota OSIS yg isinya cewe semua.Dan saat semua anggotanya udah pulang,biasanya Konoha langsung maen Eroge di ruang OSIS.Konoha jga suka nyamar buat beli Eroge,tapi penyamarannya ini terlalu totalitas menurut Reii.Ya kali nyamar harus pake ti**d dummy lol.
Secara kebetulan jga Konoha ini sempet liat Misumi ama Amano di bagian game konsol.Dia nguping pembicaraan mereka berdua dan pas Amano bahas galge berjudul Rainbow Court,Konoha nangis terharu.Pas udah dirumah,Konoha ketaun beli game Rainbow Court.Next story ada Perkumpulan Gamer yg maen Boardgame di rumahnya Chiaki,tapi ada ketegangan lain yg terjadi disini.Mulai dari Aguri yg nikah dengan Amano,Chiaki yg terpuruk,Tasuku dan Tendou yg shock,padahal Tasuku udah rencanain sebuah rencana biar bisa selesain kesalah pahaman ini tapi semuanya gagal total karena Boardgame itu sendiri.Tapi sedikit kesalah pahamannya udah selesai,disini Chiaki udah tau siapa sebenarnya Tsucchie dan Yama dan jga kisah Chiaki yg mulai suka sama Amano Keita akan dimulai.Setelah semuanya pulang Chiaki langsung curhat ke Konoha tapi dia malah baper sendiri.Keesokan harinya Chiaki yg ga yakin tentang perasaannya dan dia jga lupa beli semacem majalah mingguan jadi dia berpikir mungkin bisa ke mini market sekalian refreshing.
Di mini market Chiaki ketemu dengan Amano yg lagi mau ke rumahnya Chiaki buat ngambil dompet.Dalam perjalanan mereka berdua ngobrol-ngobrol,mereka bahas tentang pertemuan mereka pertama kali.Sampailah mereka berdua dirumah Chiaki,disana Amano ngerasa ga enak dan pengen pulang tapi ditahan terus sma Chiaki,ya namanya jga lagi kasmaran ya gtu deh.Waktu Amano masuk ke kamar Chiaki buat ngasih tau kalo mau ujan,secara kebetulan PC sma Gamenya dalam keadaan online dan karna Chiaki ga pengen Amano tahu kalo dia itu Nobe/Yama,jadi dia lempar lah identitas asli Nobe/Yama ke Konoha.Amano pun curhat ke Tasuku soal identitas Nobe/Yama,tapi karena Tasuku tahu identitas aslinya itu Chiaki,jadi Amano dia tinggal kerja.Lagi lagi secara kebetulan Konoha ketemu Amano saat beli Eroge lagi,Amano disuruh tutup mulut soal Eroge ini.Dan entah kenapa Amano ngikutin si Konoha ketemuan sma Chiaki,disitupin Amano hampir bocorin rahasia Konoha ke Chiaki,mereka pun ngobrol bla bla bla sampe Chiaki ditelpon sma Tasuku,dan Tasuku bilang "Aku Memilihmu".Itu kata-kata bikin kesalah pahaman jadi terbit lagi,harusnya Tasuku pake kata 'Mendukungmu' biar ga salah paham,ya tapi ini emg udah ceritanya sih.Setelah kejadian 'Pengakuan Tasuku' Konoha,Amano,dan Chiaki ngobrolin masalah gimana cara nolaknya,Amano udah sempet nanya ke Tendou tapi malah ga dapet jawabannya.Akhirnya Amano punya ide buat bahas masalah ini dengan anggota Perkumpulan Gamer,tapi Amano malah ganti topik bahasannya.Malemnya Chiaki curhat ke Konoha tapi Chiaki malah galau sendiri.Keesokan harinya Aguri ada janji sma temen SMP sedangkan Amano harus beli game Space Ocean 5 yg baru aja rilis,jadi Tasuku bisa ngedukung si Chiaki.Saat Tasuku sampe di kelasnya Chiaki dan ngomong sama dia,Chiaki nolak pengakuannya Tasuku,tapi Tasuku yg pikir itu adl perasaanya Amano ama Tendou.Disitu datanglah Tendou yg pengen curhat,sedangkan ditempatnya Aguri sedang ada semacem double date dan mereka ngejek Perkumpulan Gamer yg menbuat Aguri marah trus pergi.Dia debat sama temenya yg namanya Sarina,balik lagi ke Tendou,Tasuku,dan Chiaki yg lagi jalan-jalan sambil curhat.Tendou minta saran tentang Amano yg lebih mentingin game,sesaat setelah bahasan itu selesai pas Tendou bilang gak bisa berhenti mikirin Amano secara reflek Tasuku merangkul Chiaki dan Tendou.Dan Aguri ngeliat kejadian itu mengira Tasuku selingkuh,terjadilah kejar kerjaran antara mereka berempat sampe sampe Aguri kirim SOS ke Amano.Ya jelas lah Amano dateng buat nyelametin Aguri,tapi ya itu cma kesalah pahaman.
Selanjutnya ada Tendou yg depresi sampe kepalanya berasap,disitu jga ada Tasuku yg lagi jalan dan pura-pura ga peduliin si Tendou.Mereka pun saling curhat,sampe akhirnya Tasuku nemuin cara buat balikin keadaan.Secara kebetulan yg tidak disengaja,disitu jga ada Konoha yg lagi nguping dan ikutan merencanakan sesuatu.Malemnya Tendou nelpon Amano,Tendou ngasih tau kalo besok bakal ada Double Date.Tadinya Amano mau nolak tapi karena sebuab alasan ga jadi nolak.Keesokan harinya Amano×Tendou dan Tasuku×Aguri menjalani Double Date di Kerajaan Viva Spiel.
Disana Tendou dan Tasuku melakukan gerakan gerakan yg bikin Amano sama Aguri curiga dan mengira mereka bener-bener selingkuh.Saat mereka berempat mau naik suatu wahana,ada Konoha ama Chiaki dateng dan mereka berenam maen maen bersama.Disini Tasuku,Tendou, dan Konoha bersaing karena kesalah pahaman.Sampe Tendou udah mau nyerah tapi diinget buat jangan nyerah sama Tasuku.Pas mau masuk rumah hantu,ada scene dimana Amano naruh perhatian ke Chiaki.Gila itu rumah hantu masa ada jebakan ga masuk akalnya,dan didalem situ Chiaki keliatan lemes lesu.Akhirnya Chiaki,Amano,dan Konoha keluar lewat pintu Exits,bla bla bla Chiaki pun pingsan dan dibawa oleh Amano ke semacem area buat istirahat duduk duduk.Disaat sadar Chiaki kaget karena ada Amano disitu.Konoha pun memberi mereka berdua kesempatan buat dua-duaan,mereka pun ngobrol-ngobrol sampe pada titik dimana Chiaki menanyakan hal yg lumayan sensitif.Chiaki nanya,seberapa penting Nobe/Mono-san buat Amano,dijawablah 'penting' sama Amano.Chiaki nanya lagi,kalo Tendou gimana,Amano bilang dia jga penting.Chiaki pun merasa kecewa sama jawaban Amano,tapi ya gimana lagi,org Tendou itu pacarnya Amano.Ga lama akhrinya Konoha yg lagi sembunyi ketauan,dan malam pun menjelang.Parade hampir dimulai,Chiaki milih buat pulang dg alasan supaya Amano bisa menikmati waktu bersama Tendou.Tapi Amano ttp ngajak Chiaki buat nonton bersama,reaksinya Chiaki ya seneng lah,org tangannya dipengang Amano.Dan disitulah mereka semua ber tanoshi ria,menikmati waktu bersama org yg disayangi.
Lanjutannya cma cerita vacation Perkumpulan Gamer ke sebuah penginapan,dan masalah muncul lagi.Masalahnya adl Aguri yg nyinggung kehidupan para Gamer yg boros,mereka mengeluarkan uang 6000 Yen buat beli game.Karena Aguri menyinggung masalah ini jadi empat org lainnya pengen memperbaiki nama Gamer yg dijelekan oleh Aguri.Endingnya sih cma Amano yg pengen Refund gegara beli Kussoge alias game sampah.
Fyuuh,panjang amat ni review.Cape jga ternyata nulis review yg lengkap,ya Reii ga nyebut ini lengkap jga sih.Jadi pelajaran yg bsa kita dapat dari anime GAMERS ini adalah,kita harus menjaga komunikasi antar temen dan pacar kalo ga mau ada salah paham.Soalnya diliat dari manapun masalah utama di anime ini cma kesalah pahaman antar karakter utama.Dan jga menurut ini anime cma punya 11 episode,kenapa? Soalnya episode ke 12 itu cma OVA menurut Reii.Ya kan hampir ga ada kesinambungan sama sekali antara episode 11 dan 12.Dan kalo buat rewatch mungkin ini jadi rekomendasi yg bagus,okelah sampe sini dlu aja review kali ini,jadi sampai jumpa di review selanjutnya.
「LINK DOWNLOAD BATCH NYUSUL」
•Review selanjutnya tugasnya KonoE•










0 Comments for "Review GAMERS!"